2010년 11월 8일 월요일

Yang Relawan...

Sudah kurang lebih sepuluh hari ini saya menjadi relawan merapi. Naik ke muntilan, kaliurang, dan entah mana lagi.
Menyenangkan.
Sungguh. Saya senang.
Banyak hal saya pelajari jadi relawan saat ini. Yang pertama, jelas dan sangat berguna buat saya, saya jadi hapal harga harga! Hahahaha.. Harga tiker, selimut, handuk, sabun, susu bayi, pampers, biskuit, Hahahhaha!!! Menyenangkan.
Yang kedua, saya belajar tidak memaksakan diri. Begini, musuh besar relawan adalah rasa lelah. Seriusan loh. Lelah itu bahaya, ketika kita lelah, semua hal bisa terucap tanpa terpikir. Semua pikiran bisa masuk tanpa tersaring. Rasa kesal, tidak dihargai, bad mood, marah, dan capek.
Saya sudah mengalami rasa lelah, entah kenapa, dan bener bener depresi. Padahal kalo dibandingkan dengan orang lain, kerjaan saya ini ya ga ada apa apanya. Saya belanja bukan pakai duit saya, saya naik ke atas bukan saya yang nyetir, saya mbagi mbagiin barang yang bukan punya saya, saya ga ngapa ngapain loh. Coba bandingkan sama mereka yang ada di atas, nemenin pengungsi, mereka yang akhirnya jadi korban awan panas, mereka yang… bikin saya sesenggukan baca berita :(
Malam ini, saya ke tempat majikan sambil nangis sesenggukan, menceritakan betapa saya kesal saya lelah, betapa 24 jam ga cukup buat saya, betapa saya ingin jadi lebih banyak berkorban untuk mereka.
Majikan saya, menepuk nepuk kepala saya dengan lembut, “hei, kamu bukan power ranger, yang punya kekuatan super dan harus menanggung semuanya. Kalau terus membandingkan ya ga akan kelar. Terus akan ada rasa ga ikhlas. Kamu sudah membantu. Kamu sudah baik.”
Tangisan saya terus meledak, sampai si majikan ketawa ngakak. Iya e, saya kalo nangis muka jeleknya makin tambah jelek sih. “Kamu baik, kamu baik.” katanya sambil terus menepuk nepuk kepala saya dengan lembut. “Kamu hanya lelah, jangan maksain diri. Istirahat yang cukup, dan tetap lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Gak perlu jadi superhero, cukup lakukan apa yang kamu bisa. Gak usah dibanding bandingin. Gak usah maksain diri.”
Setelah itu, rasanya tenang. Saya suka sekali tiap majikan menepuk nepuk kepala saya.
Yang ketiga, saya merasakan kekeluargaan. Salah satu beban jadi relawan ditengah pemberitaan yang lebay adalah, kekhawatiran berlebih dari keluarga. Terutama buat yang keluarganya di luar jogja. Ga heran banyak penarikan orang luar jogja untuk pulang ke rumahnya. Ya gitu juga dari reaksi keluarga saya.
Dari hari pertama merapi meletus ibu saya sudah telpon dan bilang, “pokoknya kamu harus pulaaaang (ke rumah jogja)!! ga boleh keluyuran!!” padahal posisi saya sih ya di bawah banget. Dan tengah malamnya saya malah nekat naik ke atas, haha!
Lalu ketika letusan yang hebat kemarin, ibu saya langsung panik dan mau nyiapin tiket pulang, “pokoknya kalo ga dapet tiket pesawat, mama mau naik kereta, atau bis! ATAU KAMU YANG PULANG KESINI!”
Bapak saya juga sudah ngebecandain saya dari jakarta, “udah kamu pulang aja sini, ngapain toh di sana, ga bisa bantu apa apa toohhhh.” ketika saya bilang, “aduh pakk, aku di sini belum bisa bantu apa apa, makanya mau terus di jogjaaaa.”
Kepanikan ibu saya juga bikin bapak saya dirongrong pulang ke jogja buat ngecek saya yang hobi jadi relawan ini masih utuh dan lengkap. Bahkan dengan lebay nya, keluarga saya yang di Padang juga nyuruh saya ngungsi ke Padang, dengan alasan abu vulkanik nya masuk Jakarta. Duh, mereka yang di luar Jogja jadi chaos.
Jangan dikira tekanan cuma dari luar, adek saya juga ngamuk ngamuk, terutama setelah jadi relawan, saya baru balik jam 3 pagi. “Kamu tuh harus ya jadi relawan sampe tengah malam?? Ya pikirin kesehatanmu kek, pikirin yang panik di rumah kek, pikirin aku kek!”
Tapi yang paling menderita mungkin pembantu saya, yang jam tidurnya berantakan karena jam pulang saya. Haha. Untunglah pembantu saya ini ga rewel, dan adek saya ga marah marah lagi. Tiap pagi, adek saya ngecek saya sudah di kasur, ngasi nasihat biar ga sakit, dan ngga nungguin saya pulang lagi, kasihan kalo harus terjaga sampe jam 3-4 pagi.
Lalu malam ini, bapak saya telepon.
“Kamu dimana?”
“Posko pak.”
“Sudah solat?”
Saya terdiam, berbisik lirih, berbohong.. “sudah pak”
Lalu diam. “Bapak ga jadi pulang ya, pesawatnya ditunda, bapak pulang minggu depan, sama mama.”
“Iya paaaak.. Tenang aja, di sini juga ga ada apa apa kok.”
“Nduk…” terdengar lirih bapak saya bicara, “baik baik disana.. bapak bantu doa ya.. kalo butuh uang, nanti bapak kirim…”
Desakan keluarga saya pulang sudah ngga ada. Saya terdiam. Bener bener diam, menunggu lanjutan bapak saya bicara, ketika mendengar tarikan nafas beratnya dari ujung sana.
Jaga diri baik baik ya. Bapak sama mama kasi restu dari sini.”
Saya ga tau, gimana air muka bapak saya ketika harus bicara begitu. Bagaimana air muka ibu saya ketika mendengar suaminya bicara begitu.
Saya paham, banyak temen temen yang ga rela pulang dan merasa kekhawatiran keluarga di luar sana berlebihan. Tapi saya rasa, saya lebih paham kesedihan keluarga yang akhirnya memutuskan merelakan keegoisan anaknya mau sok jadi pahlawan disini kayak saya.
Saya paham, pemberitaan banyaknya relawan yang jadi korban merapi hanya menambah beban keluarga yang jauh dari jogja. Makin berat harus belajar ikhlas anaknya tanpa kabar di sini. Maka, ketika membuka timeline twitter, saya sedikit sakit hati ketika banyak orang menyudutkan mahasiswa yang pulang itu ga mau bantu pengungsi dan dianggap pengkhianat.
Sadarlah, berkumpul bersama keluarga itu hak semua orang, para relawan, dan juga keluarganya…
Malam ini, saya solat isya, setelah ratusan hari ga pernah solat. Bukan berdoa merapi cepat reda. Saya nangis nggero nggero sambil sujud sama Tuhan. Mensyukuri apa yang sudah saya punya.
Tuhan Maha Kasih, Tuhan Maha Cinta, Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Sabarkan hatiku, kuatkan imanku, dan berkahi apa yang sudah ataupun akan aku lakukan. Dan sabarkan hati keluarga dan teman temanku, kuatkan iman keluarga dan teman temanku, dan berkahi apa yang sudah dan akan keluarga maupun teman temanku lakukan. Karena Engkau Maha Kasih, aku mempasrahkan semuanya pada-Mu.
seperti dikutip dari blog yang bersangkutan di http://choro.wordpress.com/2010/11/08/yang-relawan/
-uLLy-

댓글 없음:

댓글 쓰기